Xiaomi Redmi 12c, Smartphone Terbaik di Kelas Entry Level

Nazmi Wahida

Xiaomi Redmi 12C menghidupkan kembali pasar smartphone entry-level di Indonesia dengan merilis hp yang mumpuni. Smartphone dengan layar besar, performa mumpuni, dan kamera resolusi tinggi bisa dibilang paling worth it karena harganya yang terjangkau.

Seperti yang kita tahu, smartphone entry level di Indonesia cukup diminati karena banyak yang tertarik dengan hp kelas ini. Apalagi ponsel tersebut dibanderol dengan harga terjangkau namun spesifikasi tinggi serta kualitas yang bagus.

Inilah mengapa beberapa pabrikan, seperti Xiaomi, merilis smartphone murah yang cepat dan termasuk yang terbaik di kelasnya. Salah satunya adalah Redmi 12C ini.

Xiaomi menilai Redmi 12C adalah HP paling worth it dari segi harga dan performa. Untuk itu, kami akan melakukan review mendalam terhadap Redmi 12C.

Desain Xiaomi Redmi 12C

Xiaomi Redmi 12c

Smartphone Xiaomi terbaru ini berukuran 168.8 x 76.4 x 8.8 mm dengan berat 192 gram. Redmi 12C mengusung desain unibody dengan curved back with flat edge, sehingga menghasilkan bodi belakang yang lebih rata dan slot kamera tidak terlalu menonjol dari bodi secara keseluruhan.

Ponsel ini tersedia dalam dua warna di Indonesia: Ocean Blue dan Graphite Grey. Kemudian bodi belakang dan rangka terbuat dari plastik, sehingga tidak licin dan membuat tanda bekas sidik jari.

Kameranya terletak di kiri atas, di samping logo Redmi dan slot untuk fungsi Fingerprint. Beralih ke sisi kanan yang memiliki tombol untuk mengatur volume serta menghidupkan dan mematikan layar smartphone. Sisi kiri cukup ringkas, hanya ada satu tempat kartu SIM yang bisa menerima dua kartu dan satu microSD.

Di bagian atas terdapat port jack audio 3,5 mm, sedangkan di bagian bawah terdapat mikrofon, port microUSB 2.0, dan speaker mono.

Baca Juga:  POCO F4 GT Snapdragon 8 Gen 1 Harga dan Spesifikasi Terbaru

Layar dan Audio Xiaomi Redmi 12C

Layar pada Xiaomi Redmi 12C cukup besar. Layar IPS LCD 6,71 inci dengan tingkat kecerahan hingga 500 nits, resolusi 720 x 1650 piksel atau HD Plus, dan kecepatan refresh sebesar 60Hz. Bezel layarnya cukup sempit, memiliki rasio screen-to-body 82,6%.

Dengan layar yang besar, pengguna akan nyaman dalam menggunakan ponsel ini untuk berbagai aktivitas. Dari segi audio, Xiaomi hanya memposisikan satu speaker di bagian bawah ponsel.

Dengan karakteristik layar dan audio tersebut, diajak bermain game seperti PUBG Mobile dan Mobile Legends cukup nyaman. Layar Redmi 12C dengan refresh rate 60Hz mampu mengakomodir tampilan game dalam mode HD tanpa lagging.

Sedangkan bagi yang menggemari media streaming, seperti aplikasi YouTube, layarnya bisa menampilkan video berkualitas hingga 1440p. Suara yang dihasilkan speaker juga cukup jernih, meski kurang keras karena penggunaan satu speaker saja.

Performa Xiaomi Redmi 12C

Ponsel gaming Xiaomi ini ditenagai oleh chipset MediaTek Helio G85 dan memiliki kecepatan clock hingga 2 GHz, RAM 4GB yang dapat ditingkatkan hingga 7GB, dan penyimpanan internal hingga 128GB. Selain itu, ponsel ini didukung oleh baterai Li-Po 5000 mAh dengan pengisian konvensional 10W.

Dengan batasan sedang, Redmi 12C mampu menghadirkan performa yang memadai untuk penggunaan biasa. Artinya, ponsel ini mampu melakukan multitasking seperti mengakses aplikasi media sosial dengan cepat, aplikasi belanja online, dan aplikasi smartphone lainnya.

Redmi 12C juga bisa diajak memainkan berbagai game populer, antara lain PUBG Mobile, Mobile Legends, dan Call of Duty Mobile. Namun, dengan karakteristik kelas entry level, mobile ini kurang memadai jika dipaksa untuk memainkan game-game berat seperti Genshin Impact.

Daya Tahan Baterai

Baterai Redmi 12C memiliki kapasitas 5.000 mAh, kecepatan pengisian 10W, dan port Micro USB 2.0. Menurut hasil pengujian beberapa pengguna, pengisian baterai dari 9% ke 100% membutuhkan waktu 2 jam.

Baca Juga:  Nubia Red Magic 8 Pro Harga dan Spesifikasi Terbaru 2023

Wajar jika masa pengisian daya cukup lama karena ponsel ini tidak memiliki teknologi fast charging untuk mengisi ulang baterainya yang relatif besar.

Dari segi daya tahan baterai, hasil pengujian menggunakan aplikasi PC Mark for the Work 3.0 menghasilkan Battery Life alias daya tahan baterai 15 jam. Jadi, Anda dapat menggunakan ponsel ini dari pagi hingga sore atau malam hari dengan sekali pengisian daya.

Jadi, jika Anda sering melakukan banyak aktivitas online di siang hari, ponsel ini sangat cocok digunakan tanpa khawatir kehabisan daya.

Kamera Xiaomi Redmi 12C

Redmi 12C memiliki kamera utama 50 megapiksel dengan AI Dual Camera dan kamera kedalaman 0,08 megapiksel. Ada kamera tunggal di bagian depan dengan sensor 5 MP.

Ketiga kamera ini dilengkapi beragam fungsi pendukung seperti 50 MP Mode, Night Mode, Portrait Mode, dan lainnya. Sementara itu, perekaman video memungkinkan rekaman 1080p pada 30 frame per detik.

Fiturnya mampu bekerja dengan baik dan bisa menghasilkan foto yang bagus. Seperti Mode 50 MP yang dapat menangkap gambar detail, dan Mode Potret dengan efek bokeh. Begitu pula dengan HP kamera Xiaomi yang berhasil memberikan hasil foto yang tajam dan jernih meski memotret di malam hari.

Penutup

Mengingat harganya yang murah 1 jutaan, Redmi 12C layak disebut sebagai mobile worth buying. Menurut temuan review Redmi 12C, smartphone ini memiliki beberapa keunggulan di pasar entry level.

Namun, HP ini memiliki kelemahan tertentu. Kami menilai minimnya fungsionalitas kamera, serta konektor pengisian daya baterai yang masih menggunakan MicroUSB 2.0 dan belum didukung teknologi fast charging patut menjadi perhatian khusus.

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi 12C yang sudah disebutkan sebelumnya, ponsel ini layak dibeli untuk Anda yang mencari smartphone daily driver dengan harga terjangkau.

Share this:

Related Post