Tips Laptop Awet, Ini 9 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan!

Nazmi Wahida

Tips laptop awet memang perlu diketahui oleh pengguna laptop, khususnya yang aktivitasnya ditunjang oleh perangkat satu ini. Mungkin Anda kerap menghadapi masalah laptop lemot atau lambat. Yang mana hal ini disebabkan oleh beberapa hal.

Untuk itu, kami akan memberikan beberapa saran laptop tahan lama sehingga Anda tahu apa yang tidak boleh boleh dilakukan dengan laptop tersebut.

Komputer atau laptop sekarang ini dianggap sebagai barang yang harus dimiliki. Kerja, sekolah, tugas kuliah, main game, bikin konten kreatif, dan lain sebagainya kerap menggunakan laptop. Nah, masalah laptop biasa terjadi saat digunakan secara ketat dan untuk waktu yang lama.

Hal ini bisa menimbulkan masalah seperti kinerja yang berat, performa yang lamban hingga baterai yang cepat habis. Dalam kaitan ini, ada dua skenario yang bisa saja terjadi. Pertama, karena adanya kesalahan teknis yang masih ditanggung oleh garansi produk. Kedua, karena kesalahan administrasi.

Tips Laptop Awet, Ini 9 Hal yang Harus Dihindari!

Tips Laptop Awet

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari masalah laptop lemot. Diantaranya adalah:

1. Hindari Penggunaan Laptop Terlalu Lama

Tips laptop awet yang pertama menyangkut “waktu istirahat”. Seperti halnya manusia, laptop juga membutuhkan istirahat. Komputer atau laptop adalah perangkat teknologi yang dapat rusak. Jika Anda menggunakan laptop selama lebih dari tiga jam, jangan lupa untuk diistirahatkan selama 30 menit.

Hal ini dilakukan untuk mencegah panas berlebih dan beban kerja yang tidak semestinya pada laptop. Panas yang berlebihan tentu akan mengganggu daya tahan komputer Anda. Kami juga menyarankan untuk menggunakan pendingin eksternal atau coolpad terbaik yang tersedia di toko online.

Baca Juga:  Rekomendasi 10 Aplikasi Belajar Bahasa Asing, Mudah dan Praktis!

2. Jangan Membuat Partisi

Partisi hard drive umumnya dikenal oleh pengguna Windows. Kini pengguna masih dapat mempartisi tanpa harus menginstal ulang Windows. Anda yang ingin mengamankan file penting di kompartemen disk yang berbeda biasanya melakukan ini.

Tips laptop awet ini cukup efektif, terutama jika Anda ingin melindungi data penting dari serangan virus. Harapannya sederhana, jika terjadi serangan virus, program akan menjadi yang pertama diserang.

Namun, partisi juga dapat menimbulkan masalah tambahan, seperti Windows Corrupt, yang menyebabkan program komputer rusak dan tidak dapat berfungsi dengan baik.

3. Jangan Meletakkan Barang Berat di Atas Laptop

Meletakkan benda berat di atas laptop adalah larangan untuk laptop selanjutnya. Sebagai pengguna, kami sering menganggap praktik ini tidak penting. Padahal dampaknya, seperti layar dan kerusakan komponen lainnya, yang mana bisa mematikan.

Jangan pernah menumpuk buku atau barang lain di atas laptop karena dapat menyebabkan layar bermasalah. Misalnya layar pecah atau retak, area hitam akibat tekanan, dan sebagainya.

4. Jangan Letakkan Laptop di Atas Kasur

Tips laptop awet berikut ini terkesan mudah, namun sering diabaikan oleh para pengguna laptop. Mungkin Anda pernah meletakkan laptop di atas tempat tidur untuk bekerja sambil berbaring.

Namun, hal ini dapat menyebabkan saluran ventilasi laptop di bagian bawah menutup, menyebabkan suhu perangkat naik dan laptop menjadi berat dan lambat.

Laptop harus digunakan pada permukaan yang keras, seperti meja. Tujuannya adalah untuk menjaga agar udara tetap mengalir sehingga laptop dapat bekerja lebih lama.

5. Hindari Penumpukkan Debu di Keyboard

Tips laptop awet selanjutnya, yaitu dengan menjaga kebersihan laptop, terutama keyboard. Membiarkan debu menumpuk dan masuk ke tombol keyboard dapat menyebabkan tombol tidak berfungsi.

Baca Juga:  9 Tips Menjaga Privasi Akun WhatsApp, Biar Nggak Diretas!

Kenyataannya, jika kejadian ini tidak diatasi, debu akan masuk ke dalam laptop dan menumpuk. Laptop akan cepat overheat karena sirkulasi udara yang tidak optimal akibat debu tersebut. Disini Anda dapat menghilangkan debu menggunakan sikat lembut atau sedikit pembersih debu yang dapat menyedot kotoran secara efektif.

6. Hindari Baterai Sampai 0%

Seperti ponsel, baterai laptop harus diisi jika sudah di bawah 20%. Jika Anda sering membiarkan baterai laptop mencapai 0%, masa pakai baterai tidak akan bertahan lebih lama.

Komputer atau laptop saat ini juga sudah canggih. Jika Anda gagal melepaskan kabelnya, sebagian besar laptop memiliki fitur pemutus otomatis yang akan langsung menghentikan proses pengisian daya. Ada baiknya untuk pengguna memahami apa saja penyebab charger laptop rusak dan cara menghindarinya.

7. Jangan Pernah Melepas Baterai

Tips laptop awet berikutnya adalah jangan mengeluarkan baterai dari laptop. Adalah hal umum bagi pengguna untuk melepas baterai laptop dan hanya mengandalkan charger saja. Namun, ini tidak dianjurkan. Jika rumah Anda tiba-tiba kehilangan daya, Anda berisiko kehilangan data dan menghasilkan bad sector pada hard disk.

8. Hindari Makan dan Minum di Dekat Laptop

Saran perawatan laptop berikut ini mungkin tampak sepele, namun dampaknya cukup jika diabaikan. Hal kedua yang harus dihindari pada laptop adalah makan dan minum di dekatnya. Hindari melakukan ini saat bekerja atau bermain game.

Cairan dan makanan mungkin tidak sengaja tumpah ke keyboard dan masuk ke komponen. Seperti yang kita tahu, tidak semua laptop terbaru memiliki sertifikasi tahan air atau debu.

9. Jauhi Software Bajakan

Perangkat lunak bajakan sering dibundel dengan program pihak ketiga atau crack yang mungkin menyertakan malware atau virus. Ini karena crack tidak dapat berfungsi jika antivirus komputer diaktifkan.

Di sisi lain, mematikan antivirus Anda demi perangkat lunak yang tidak berlisensi, membuat laptop Anda terbuka terhadap serangan malware dan virus. Menghindari software bajakan tidak hanya melindungi data penting Anda, tetapi juga membantu kreator terus mengembangkan aplikasi mereka.

Penutup

Tips laptop awet, Anda harus menghindari sepuluh hal yang sebaiknya tidak dilakukan pada laptop. Jadi mulai sekarang, hindari aktivitas tersebut untuk memperpanjang umur laptop. Selamat mencoba!

 

 

 

Share this:

Related Post