4 Cara Memperkuat Sinyal Hp di Android, Cepat dan Ampuh!

Nazmi Wahida

Cara memperkuat sinyal HP mutlak diperlukan, apalagi jika Anda tinggal di tempat yang jauh. Karenanya, pengguna harus mengetahui banyak cara untuk mengatasi atau memperbaiki sinyal ponsel yang hilang.

Pernahkah ponsel Anda tiba-tiba hilang sinyal? Jangan khawatir,  ada berbagai faktor yang menyebabkan sinyal smartphone tiba-tiba menghilang.

Tidak bisa dipungkiri, kehilangan sinyal di hp adalah situasi yang sangat merepotkan. Apalagi di masa teknologi seperti ini, kita harus selalu terkoneksi secara online untuk belajar atau bekerja.

Nah, jika Anda mengalami masalah ini, kami akan memberikan solusi melalui berbagai cara untuk mengatasi sinyal hilang tersebut. Selanjutnya, kami akan merekomendasikan penguat sinyal seluler yang sesuai ketika Anda berada di area yang jauh.

Cara Memperkuat Sinyal HP yang Hilang

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ada beberapa cara untuk mengatasi sinyal hp yang hilang. Diantaranya adalah:

1. Restart HP atau Aktifkan Airplane Mode

Cara memperkuat sinyal yang hilang pertama adalah menyetel ulang ponsel Anda. Dengan begitu, smartphone akan mengulangi semua prosedur dari awal, termasuk pencarian sinyal agar maksimal kembali.

Selain reset smartphone, ada beberapa cara praktis lainnya untuk mengatasi sinyal hilang. Ya! Mengaktifkan dan menonaktifkan Mode Pesawat.

Strategi ini sungguh efektif. Ini karena saat mengaktifkan dan menonaktifkan Mode Pesawat, smartphone akan secara otomatis mencari jaringan yang lebih baik.

2. Cek Kartu SIM

Jika cara memperkuat sinyal hp di atas masih tidak berhasil, mungkin ada masalah dengan posisi kartu SIM di ponsel Anda. Periksa lagi untuk melihat apakah kartu SIM sudah terpasang dengan benar di slot smartphone tersebut.

Baca Juga:  Youtuber Harus Tahu, Ini Dia 10 Cara Mendapatkan Uang dari Youtube

Jika tidak, silakan coba lagi. Jangan sampai hal itu terjadi lagi. Pasalnya, posisi kartu SIM yang salah berpotensi merusak komponen smartphone Anda.

Namun, jika ternyata lokasi kartu SIM sudah benar, bisa jadi smartphone Anda yang bermasalah. Untuk memastikannya, coba pasang kartu SIM ke ponsel lain.

Jika ponsel tersebut menerima sinyal, bisa dipastikan bahwa masalahnya ada pada ponsel Anda. Segera bawa ke service center resmi terdekat untuk diperbaiki.

3. Cari Jaringan Secara Manual

Smartphone akan secara otomatis mencari sinyal yang hilang. Namun, Anda bisa menyesuaikan pengaturan ini sehingga dapat memilih jaringan secara manual.

Caranya cukup sederhana, yaitu dengan Buka Pengaturan > Kartu SIM & Jaringan Seluler > Pilih SIM > Jaringan Seluler > nonaktifkan pengaturan>Pilih Jaringan Secara Otomatis.

4. Turn Off Radio

Untuk memperkuat sinyal hp yang hilang, Anda juga bisa mencoba mematikan radio. Masukkan kode *#*#4636#*#* lalu pilih Informasi Telepon. Kemudian, klik Run Ping Test. Kemudian, pilih LTE/GSM otomatis (PRL) atau LTE/UMTS otomatis (PRL). Lalu tekan Mobile Radio Power atau matikan radio. Setelah proses tersebut selesai, nyalakan ulang ponsel Anda.

Alat Memperkuat Sinyal Hp yang Hilang di Android

Memperkuat Sinyal Hp

Apakah prosedur di atas tidak cukup untuk memperbaiki atau meningkatkan sinyal ponsel yang hilang? Untuk itu, Anda bisa menggunakan penguat sinyal 4G yang ideal dan cocok digunakan di pedesaan. Diantaranya adalah:

1. Stiker Penguat Sinyal

Alat memperkuat sinyal hp yang hilang pertama adalah penguat sinyal yang bisa dibeli dengan harga kurang dari Rp 10.000 di retailer offline maupun online.

Stiker ini diklaim dapat meningkatkan kekuatan sinyal untuk Android, iOS, tablet, dan perangkat lain yang membutuhkan sinyal. Stiker seperti ini juga bisa bekerja di semua tipe smartphone dengan frekuensi jaringan yang lengkap.

Baca Juga:  Anti Lemot, Ini Dia 9 Cara Membersihkan RAM Laptop yang Penuh

2. Penguat Sinyal 4G LTE 1800 MHz

Alat berikut ini adalah perangkat penguat sinyal 4G LTE 1800 MHz yang tersedia di beberapa toko online Indonesia. Harga berkisar dari Rp. 900.000 hingga Rp. 1,5 juta, tergantung spesifikasi perangkat dan area jangkauan jaringan.

Anda bisa menggunakan program ini untuk meningkatkan sinyal 4G LTE smartphone sehingga dapat mempercepat koneksi internet di smartphone.

3. Antena Indoor Ceiling

Antena Plafon Dalam Ruangan merupakan alat memperkuat sinyal HP terbaru. Alat ini kompatibel dengan jaringan 2G, 3G, dan 4G. Perangkat berbentuk lampu yang diletakkan di atap rumah ini dapat memperbesar sinyal dengan rentang frekuensi 806 MHz hingga 2500 MHz dengan harga Rp 200.000.

4. Repeater Dual-Band 2G/4G

Perangkat yang dibanderol mulai Rp 1,5 jutaan ini sudah mendukung transmisi dual band 2G di 900 MHz dan sinyal 4G di 1800 MHz.

Anda bisa menggunakan perangkat ini jika mengalami gangguan sinyal saat melakukan panggilan telepon atau menggunakan internet. Repeater atau penguat sinyal Dual Band 2G/4G tersedia melalui e-commerce Indonesia.

5. GSM Repeater 3G/4G High Power Dual Band

Alat memperkuat sinyal hp selanjutnya adalah GSM Repeater 3G/4G High Power Dual Band yang disebut-sebut sebagai penambah sinyal ponsel terbaik. Memang harus merogoh kocek lebih karena harga alat ini berkisar Rp. 1,6 juta hingga Rp. 6 juta.

Seperti namanya, alat ini dapat mendukung frekuensi 4G di 1800 MHz dan frekuensi 3G/WCDMA/HSDPA di 2100 Mhz dengan jangkauan hingga 1.000 meter persegi. Dengan begitu, alat ini sangat ideal untuk digunakan di lokasi atau situasi yang sulit menerima sinyal. Misalnya, gedung perkantoran, vila, dan sebagainya.

6. Alat penguat Sinyal HP 12dB

Alat satu ini memang tidak memiliki merek yang jelas, namun tetap laris manis di toko online. Harganya juga bervariasi, mulai dari Rp 300 ribu.

Penguat sinyal ini ditenagai oleh frekuensi sinyal 12dB yang terhubung langsung ke ponsel Android. Sayangnya, program ini hanya mendukung jaringan 3G dan tidak mendukung 4G LTE.

Penutup

Nah itulah penjelasan mengenai cara memperkuat sinyal hp dan alat yang bisa digunakan. Terlepas dari hal itu, cari tahu pula apakah penyebab sinyal yang hilang sehingga bisa diatasi dengan maksimal.

Share this:

Related Post