Anti Lemot, Ini Dia 9 Cara Membersihkan RAM Laptop yang Penuh

Nazmi Wahida

Tidak bisa dipungkiri, membersihkan RAM laptop yang penuh memang harus dilakukan secara rutin. Ini karena RAM yang penuh bisa menjadi salah satu penyebab laptop menjadi lemot.

Pernahkah Anda bingung ketika laptop dengan memori hard disk yang besar, prosesor yang bagus, dan GPU yang kuat berjalan lambat? Mungkin saja “tersangka utama” adalah RAM yang kelebihan beban tersebut.

RAM penuh sering disebabkan oleh terlalu banyak program yang berjalan di laptop. Bukan hanya program yang muncul di layar, tetapi juga program yang berjalan di background, seperti antivirus, update OS, driver, bahkan malware yang tidak dikenal.

9 Cara Membersihkan RAM Laptop yang Penuh

membersihkan RAM laptop

Membersihkan RAM laptop yang penuh adalah cara efektif untuk membuat laptop berfungsi dengan baik. Untuk itu, kami akan memberikan panduan yang tepat dibawah ini:

1. Restart Laptop

Restart laptop adalah cara paling umum untuk mengosongkan RAM di Windows. Sistem akan secara otomatis memulai ulang semua program yang berjalan dan membersihkan memori RAM pada perangkat tersebut.

Namun cara membersihkan RAM laptop ini hanya bersifat sementara. Hal ini dikarenakan program yang berjalan di background akan sering aktif kembali dan menjadi sumber RAM laptop yang penuh sehingga menjadi lemot.

Untuk me-restart laptop dengan Windows 10, cukup sentuh tombol Windows, arahkan ke menu Power, dan pilih Restart.

2. Matikan Proses di Task Manager

Cara membersihkan RAM laptop penuh pada laptop berikut ini adalah dengan menghentikan proses atau program di Task Manager. Program ini akan menunjukkan aplikasi atau program mana yang sedang menggunakan RAM.

Baca Juga:  Pasti Ketemu, Ini Dia 6 Cara Melacak Hp Hilang atau Mati

Untuk mengaksesnya, gunakan shortcut keyboard Ctrl + Shift + Esc. Pilih tab Memory untuk mengurutkan aplikasi atau program mana yang paling banyak memakan RAM di laptop Anda.

Jika Anda yakin aplikasi tersebut tidak lagi diperlukan dan berdampak negatif pada kinerja laptop, klik kanan aplikasi tersebut dan pilih Akhiri Proses untuk menghentikannya seketika.

Dan jika Anda ingin melihat grafik performa perangkat, buka opsi Performa. Untuk menampilkan visual kinerja secara real time, ketuk setiap menunya.

3. Disable Aplikasi Berjalan di Startup

Kembali ke Task Manager, jika program yang Anda hentikan masih berjalan otomatis meski sudah di restart, cara membersihkan laptop selanjutnya adalah menonaktifkan aplikasi agar tidak berjalan secara otomatis.

Caranya, masuk ke menu Startup dengan menekan Ctrl + Shift + Esc. Untuk mengurutkan aplikasi mana yang berjalan secara otomatis saat laptop dihidupkan, klik bagian Status.

Klik kanan pada aplikasi atau program yang tidak berguna dan pilih Nonaktifkan. Saat Anda menghidupkan laptop, program ini tidak akan lagi dimulai secara otomatis. Solusi ini cukup kuat untuk mengosongkan RAM sepenuhnya.

4. Pakai Aplikasi yang Ringan

Gunakan aplikasi ringan yang tidak memakan banyak RAM. Misalnya, jika Anda merasa Photoshop terlalu berat, Anda bisa menggunakan aplikasi pengganti Photoshop yang lebih kecil dan lebih ringan.

Contoh lain, jika pengguna merasa browser Google Chrome terlalu berat, kalian bisa menggunakan software browser alternatif top lainnya seperti Opera, Microsoft Edge, dan masih banyak lagi.

5. Pindai Virus dengan Windows Defender

Malware dan virus yang tidak terdeteksi menjadi salah satu penyebab RAM laptop penuh. Untuk mengamankan perangkat, cara membersihkan RAM laptop ini dengan menggunakan program antivirus Windows Defender bawaan.

Namun pertama-tama, perbarui aplikasi antivirus untuk menambahkan database malware dan virus ke sistem agar mudah diidentifikasi.

Baca Juga:  11 Cara Menghilangkan Iklan di HP Xiaomi Terbaru 2023

Jika sudah, klik opsi Pemindaian Penuh untuk memindai seluruh sistem operasi untuk mencari file, aplikasi, program, dan sebagainya.

Cara ini memakan waktu, tetapi berguna untuk mendeteksi malware dan virus yang bersembunyi di sistem. Setelah prosedur pemindaian selesai, bersihkan semua malware yang ditemukan.

6. Tambah Memori Virtual

Menambahkan memori virtual ke laptop dapat membantunya bekerja lebih lancar. Menambahkan memori virtual bisa menjadi cara menghapus RAM penuh pada laptop, memungkinkan sistem menjadi lebih fleksibel dari sebelumnya.

Untuk meningkatkan RAM secara virtual, buka Control Panel dan ubah kategori menjadi Small Icons. Kemudian untuk membuka jendela baru, tekan tombol Sistem.

Kemudian, di sebelah kiri, klik Pengaturan Sistem Lanjutan untuk menampilkan Properti Sistem, lalu klik Pengaturan di bawah area Performa.

Masukkan Lanjutan lalu Ubah. Biasanya, sistem operasi Windows mengubah jumlah memori virtual secara otomatis.

Meski begitu, Anda bisa mengubahnya secara manual dengan menghapus centang Secara otomatis mengelola dan mengatur ukuran file paging untuk semua disk. Ingatlah untuk mengklik OK untuk menerapkannya.

7. Mematikan Efek Transparan

Efek transparan memang membuat Windows menjadi lebih menarik. Sayangnya, fitur ini dapat menyebabkan RAM kelebihan beban, sehingga laptop menjadi hang atau lemot. Karena, segera nonaktifkan aplikasi ini ya!

8. Uninstall Bloatware yang Tidak Diperlukan

Bloatware mengacu pada perangkat lunak yang menghabiskan banyak sumber daya. Jenis program ini dapat menyebabkan penggunaan RAM dan laptop menjadi kelebihan beban.

Untuk itu, Anda bisa menghilangkan Bloatware yang tidak diinginkan sehingga performa RAM dapat meningkat.

9. Pasang RAM Tambahan

Jika cara sebelumnya untuk membersihkan RAM laptop penuh tidak efektif, satu-satunya pilihan adalah memasang atau menambah RAM ekstra. Prosedur ini tidak sederhana dan tidak murah, tetapi berdampak langsung pada kinerja laptop.

Sebelum membelinya, periksa jenis RAM yang kompatibel dengan laptop Anda. Namun jika tidak berpengalaman, Anda bisa pergi ke pusat layanan laptop untuk memasang RAM yang dipesan.

Penutup

Nah, itu dia cara terbaik untuk membersihkan RAM laptop yang penuh. Anda bisa menggunakan cara-cara diatas untuk mengosongkan RAM pada laptop yang menjalankan Windows 7, 8 dan 10. Selamat mencoba!

 

Share this:

Related Post