Buatan Meta, Ini Dia 6 Fakta Menarik Threads yang Berbeda Dengan Twitter

Nazmi Wahida

Belakangan banyak orang yang menanyakan fakta menarik threads yang sangat berbeda dengan twitter. Seperti yang kita tahu, kini threads sudah dirilis dan dapat diunduh di smartphone. Kabar baiknya, Meta bermaksud untuk menambahkan fungsi dasar ke aplikasi dalam waktu dekat.

Seperti yang Anda tahu, kini kebijakan Twitter Elon Musk melarang pengguna melihat tweet lebih dari sekali setiap hari. Ini memberikan pesaing Twitter, seperti Meta, dengan platform jejaring sosial alternatif.

Threads adalah upaya untuk memberikan opsi bagi pengguna Twitter, dan kinerjanya mirip dengan platform jejaring sosial dengan lambang burung biru itu. Namun, fungsi penting tertentu, seperti pencarian, tagar, dan umpan ikuti, tidak ada dari platform.

Apa Itu Aplikasi Threads?

Aplikasi pesaing Mark Zuckerberg yang telah lama dikabarkan untuk Twitter telah diterbitkan setelah berbulan-bulan pengembangan.

Threads program baru, dirilis beberapa waktu lalu sebagai pelengkap Instagram, jaringan berbagi foto populer yang dibeli oleh perusahaan Zuckerberg, Meta, lebih dari satu dekade lalu. Pengenalan Threads mempertinggi persaingan antara Zuckerberg dan Elon Musk, yang membeli Twitter tahun lalu.

Fakta menarik Threads adalah aplikasi Instagram yang memungkinkan pengguna melakukan pembicaraan publik secara real-time satu sama lain. Threads dibuat sebagai pelengkap Instagram untuk menawarkan area terbuka dan ramah komunitas.

Pesan teks, foto, dan video dapat diposting ke feed oleh pengguna. Threads mirip dengan Twitter dalam hal perpesanan publik, namun kini pihaknya belum menawarkan pesan secara langsung.

Fitur Threads yang Cukup Berbeda Dengan Twitter

Fakta Menarik Threads

Kepala Instagram Adam Mosseri mengklaim bahwa tim di balik Threads sedang berupaya menyediakan fungsionalitas penting yang hilang pada platform Meta-build.

Baca Juga:  Harus Ditaati, Ini Dia 12 Aturan di Youtube Biar Nggak Diblokir!

Pencarian, tagar, mengikuti umpan, sinkronisasi grafik, dan kemampuan lainnya akan tersedia. Mosseri juga menyatakan bahwa fitur SMS kemungkinan besar akan dapat diakses dalam waktu dekat, meski dia tidak bisa menentukan tanggal pastinya.

Aplikasi ini juga menghadapi kritik karena kurangnya kemampuan, dan diharapkan penambahan fitur dasar ini akan membuatnya lebih kompetitif dengan banyak platform jejaring sosial lain yang dapat diakses, terutama Twitter.

Fakta menarik threads dimulai dengan awal yang luar biasa, dengan pengguna awal melampaui 30 juta pendaftaran dan bahkan menjadi aplikasi gratis #1 di Apple App Store beberapa waktu lalu.

Namun, masih harus dilihat apakah media sosial ini bisa memanfaatkan momentum tersebut. Apalagi Threads dibayangi oleh Instagram. Popularitasnya berasal dari kesederhanaan yang dapat dijangkau oleh pengguna Instagram.

Selain itu, pengguna cukup menghubungkan akun Instagram mereka ke aplikasi dan dapat mulai berbagi konten dengan teman dan pengikut mereka sesegera mungkin. Hal ini memudahkan pendatang baru untuk memulai dengan Threads dan juga membantu mempertahankan pengguna Instagram yang sudah ada.

Fakta Menarik Threads, Sosial Media Buatan Meta

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ada beberapa fakta menarik terkait sosial media ini. Diantaranya adalah:

1. Fokus pada Komunikasi dengan Teman Terdekat

Threads dimaksudkan untuk memungkinkan pengguna berkomunikasi dengan teman-teman terdekat. Perangkat lunak ini memungkinkan Anda membuat daftar teman khusus dan berbagi materi, pesan, dan cerita hanya dengan mereka.

Sehingga Anda tetap berhubungan dengan lingkaran terdekat dengan cara yang lebih intim dan pribadi. Berbeda dengan Twitter yang sangat umum.

2. Pembaruan Status Otomatis yang Lebih Menarik

Fakta menarik threads selanjutnya adalah Status Otomatis. Fungsi ini menggunakan kecerdasan buatan untuk mendeteksi perilaku pengguna seperti bepergian, makan, atau bekerja. Kemudian Threads menawarkan opsi untuk membagikan status ini dengan teman terdekat agar mereka tetap mengetahui apa yang sedang dilakukan pengguna secara real time.

Baca Juga:  Tips Laptop Awet, Ini 9 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan!

3. Integrasi dengan Instagram Stories

Threads bukan hanya aplikasi mandiri, tetapi juga terintegrasi dengan Instagram. Berkat integrasi ini, pengguna sekarang dapat berbagi cerita langsung dari Threads ke Stories Instagram. Ini akan memudahkan Anda untuk berbagi peristiwa penting dengan teman di Threads dan pengikut Instagram.

4. Pengaturan Privasi yang Kuat

Fakta menarik Threads selanjutnya adalah sangat menekankan privasi. Berkat aplikasi ini, pengguna memiliki kontrol lebih besar atas privasi mereka dan siapa saja yang dapat melihat konten mereka.

Pengguna juga dapat dengan mudah menyesuaikan jumlah privasi untuk setiap teman atau grup teman, memungkinkan mereka berbagi cerita dan konten hanya dengan orang yang dipercayai.

5. Mengutamakan Kualitas Interaksi

Threads dibuat dengan tujuan memprioritaskan kualitas interaksi daripada kuantitas. Dalam program ini, pengguna akan melihat pesan dan cerita dari teman mereka yang paling sering dihubungi.

Threads akan membuat pengguna tetap berhubungan dengan individu yang paling berarti dalam hidup mereka. Ini mengurangi kebisingan informasi dan memusatkan perhatian pada hal-hal yang paling relevan bagi pengguna.

6. Meningkatkan Persaingan Dengan Twitter dan Dukungan Meta

Pengenalan Threads meningkatkan persaingan antara Mark Zuckerberg dan Elon Musk di dunia jejaring sosial. Pembelian Twitter oleh Elon Musk mengubah pengalaman berkicau dengan memodifikasi algoritma dan aspek lainnya.

Sebaliknya, Elon Musk menyatakan bahwa dia tidak terkesan dengan Threads dan telah membatalkan akun Instagram-nya.

Fakta menarik Threads lainnya yaitu didukung dengan Meta dan memanfaatkan basis pengguna Instagram yang sangat besar, yang memiliki lebih dari dua miliar pengguna aktif bulanan secara global.

Sejak peluncurannya, Threads memiliki 5 juta pendaftaran dalam waktu empat, menunjukkan minat yang kuat dari pengguna Instagram.

Untuk merampungkan platformnya, Instagram telah bekerja keras dalam beberapa tahun terakhir. Threads adalah aplikasi terpisah untuk melindungi Instagram agar tidak terlalu berantakan dengan mencoba membuat percakapan publik yang beroperasi di dalam aplikasi utama.

Instagram ingin Threads berfungsi di beberapa aplikasi dalam apa yang disebut Fedivers, yang memungkinkan interaksi lintas platform. Ini dapat memberikan lebih banyak kebebasan bagi pembuat konten bahkan mampu memberikan pengaruh.

Penutup

Nah, itu dia beberapa fakta menarik Threads yang terus di unduh oleh banyak orang di seluruh dunia. Lalu bagaimana dengan Anda?  Apakah tertarik untuk mencobanya juga?

Share this:

Related Post